$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=slider$m=0$rm=hide$cate=1$c=4$author=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

Potensi Konflik Tambang Emas Trenggalek

Awal tahun 2021 ini Masyarakat Trenggalek tengah menyoroti berita tentang rencana eksplorasi tambang emas. Kawasan yang saat ini menjadi daf...


Awal tahun 2021 ini Masyarakat Trenggalek tengah menyoroti berita tentang rencana eksplorasi tambang emas. Kawasan yang saat ini menjadi daftar sasaran tambang mencakup Kecamatan Munjungan, Watulimo, Pule, Kampak, Tugu, Suruh, Dongko, Trenggalek, Karangan dan Gandusari.

Kabar itu jelas menjadi pukulan bagi warga yang akan terdampak, setelah pada tahun 2016 terjadi gesekan antara perusahan tambang dengan warga di Watulimo. Dalam informasi yang dirilis pada website ESDM, terdapat konsesi lahan yang mendapat Izin Usaha Pertambangan (IUP) seluas 29.969 (dua puluh sembliran ribu sembilan ratus enam puluh sembilan) hektare. Hal itu mencakup wilayah hutan yang sebagian berada dikawasan pegunungan dan pemukiman warga. Penulusuran yang dilakukakan pada kanal esdm.go.id menyebutkan Trenggalek sudah pasti akan terkena eksploitasi tambang emas hingga tahun 2029.

Tentu menjadi kontraproduktif dengan visi Kabupaten Trenggalek yang dicanangkan oleh Bupati M Nur Arifin untuk menjaga ekosistem di Trenggalek. Trenggalek sendiri merupakan wilayah dengan bentangan pegunungan yang hampir sebagian besar masyarakatnya bergantung pada pertanian didalamnya. Kita masih ingat ketika pada tahun 2016 ada ledakan aksi demonstrasi di Watulimo yang bergerak ke DPRD Kabupeten.

Pemuda Muhammadiyah melakukan telaah terkait isu ini. Trigus Dodik Susilo juga menyatakan bahwa turunnya IUP sudah ada sejak tahun  2019 dan akan berakhir pada 2029 dan izin eksploitasi sudah dikantongi oleh salahsatu perusahaan tambang.

Proses izin ini muncul pada tahun 2019 yang kala itu Trenggalek tengah berada masa transisi bupati dari Emil Elistianto Dardak  ke Mochamad Nur Arifin. Kondisi ini tentu menjadi kabar yang tidak baik bagi masyarakat yang terdampak, maka kita perlu memiliki kemampuan agar izin ini ditinjau lagi melalui saluran yang ada baik secara konstitusional maupun sosial-moral masyarakat” Ujar Trigus Dodik Susilo.

Saat ini Bupati M Nur Arifin juga dinilai sudah menujukkan sikap proaktif  terhadap penolakan tambang. Hal itu perlu didukung oleh masyarakat dan stake holder lainnya. Selain itu Organisasi kepemudaan, pecinta lingkungan juga telah memberikan sikap yang tegas dalam upaya menolak munculnya tambang di Trenggalek. PDPM Treggalek, Ansor dan pemuda Gereja beberapa pekan lalu melakukan aksi tanam pohon yang kemudian membahas isu tambang ini.

Saat ini yang perlu dibutuhkan adalah kesadaran bersama tentang akibat yang muncul dari tambang emas yang akan ada di Trengggalek. Sikap yang telah ditunjukkan oleh OKP dan pecinta lingkungan perlu mendapat dukungan moril dari masyarakat. Faktor lingkungan, ekosistem dan budaya diwilayah terdampak merupakan alasan utama agar izin tambang ini perlu ditinjau kemabali. Selain itu dinilai tidak patut jika Pemda Trenggalek abai terhadap kelangsungan kelangsungan hayati dan kebudayaan masyarakat yang dimungkinkan akan terancam dengan kegiatan eksploitasi nantinya.

Pemerintah Daerah harus menujukkan sikap pro terhadap masyarakatnya. Sebab banyak hal yang akan dirugikan jika memang tambang akan benar-benar masuk pada tahap eksploitasi. Ancaman konflik antara masyarakat dengan perusahan jelas nyata akan terjadi. Berbagai kasus diwilayah lain bahkan terjadi polarisasi konflik horisontal yang timbul akibat tambang. Hingga yang akan jelas menkhawatirkan  masyarakat sipil akan jadi korban karena akan diadu dengan perusahaan, pihak kemananan dan pemerintahnya. Selain itu konflik dengan lingkungan merupakan ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan generasi kabupaten Trenggalek mendatang. (IT/PDPM)

COMMENTS

Nama

Basa Jawa,1,ensiklopedia,2,Kegiatan,6,Musyda,1,
ltr
item
Kita Pemuda: Potensi Konflik Tambang Emas Trenggalek
Potensi Konflik Tambang Emas Trenggalek
https://1.bp.blogspot.com/-ukY1H-mln4c/YEbnCiDwp8I/AAAAAAAAApw/luvujUsevu4-MWwElUmyGPLg2lFoPYr4ACLcBGAsYHQ/s16000/tambang_emas.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ukY1H-mln4c/YEbnCiDwp8I/AAAAAAAAApw/luvujUsevu4-MWwElUmyGPLg2lFoPYr4ACLcBGAsYHQ/s72-c/tambang_emas.jpg
Kita Pemuda
https://www.kitapemuda.com/2021/03/potensi-konflik-tambang-emas-trenggalek.html
https://www.kitapemuda.com/
https://www.kitapemuda.com/
https://www.kitapemuda.com/2021/03/potensi-konflik-tambang-emas-trenggalek.html
true
5697283188263091989
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content