$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

$type=slider$m=0$rm=hide$cate=1$c=4$author=0

$type=grid$count=4$ico=1$cate=0$rm=0$sn=0$cm=0

2021 Pemuda Muhammadiyah Trenggalek Sedang Progresif !

Alhamdulillah, rejeki selalu dilimpahkan kepada hambanya, termasuk PDPM Trenggalek yang sampai saat ini mencoba berproses sesuai dengan agen...

Alhamdulillah, rejeki selalu dilimpahkan kepada hambanya, termasuk PDPM Trenggalek yang sampai saat ini mencoba berproses sesuai dengan agenda visi-misi.

Ada tiga hal besar yang menjadi konsentrasi PDPM Trenggalek. Pertama pembentukan dan revitalisasi Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah; kedua Program Mandiri Ekonomi Persyarikatan dan Anggota; ketiga adalah menjaga militansi anggota PDPM dan bermanfaat bagi umat. Pada tahun 2021 ini semuanya sedang dijalankan dengan baik.

Revitalisasi Cabang

Tercatat sampai saat ini sudah ada dua cabang yang berhasil di bentuk dan direvitaslisasi. PCPM Panggul beberapa wakti lalu berhasil dibentuk, dan PCPM Karangan juga berhasil dilakukan direvitaliasi dan mencoba diselamatkan dari kekosongan kepemimpinan. Lebih lanjut, PCPM Pogalan dan PCPM Bendungan serta PCPM Munjungan juga diupayakan untuk dibentuk. Semoga ikhtiar ini mendapat ridhlo dari Gusti Alloh. Program ini menjadi tanggung jawab Bidang Organisasi dan Pengkaderan dan disupport oleh semua bidang.

Mandiri Ekonomi Persyarikatan dan Anggota

Untuk mewujudkan ekonomi persyarikatan dan anggota pemuda Muhammadiyah, kami memiliki beberapa program yang siap dijalankan. Pertama membuat Pupuk Organik Cair (POC), Program pengumpulan jlantah (bekas minyak goreng), penggarapan lahan pertanian dan ke depan pembibitan bambu.

Pembuatan POC saat ini sedang dalam tahap proses fermentasi, dijalankan bidang Brutal PDPM Trenggalek, berlokasi di Kecamatan Pogalan. Tanah yang dipakai adalah milik Bupati Trenggalek yang dipinjamkan kepada pemuda Muhammadiyah. Target dari POC ini adalah untuk mensuplay kebutuhan pupuk bagi petani warga Muhammadiyah dan warga Trenggalek. Sifatnya POC ini bukan sebagai pengganti pupuk yang saat ini ada melainkan sebagai alternatif dan pendukung pupuk lainnya. Diharapkan kelangkaan pupuk bersubsidi dapat di atasi dengan adanya pupuk ini.

Program pengumpulan jlantah merupakan program yang masih dalam tahap komunikasi. Jlantah merupakan bekas minyak goreng yang kerap dibuang karena sifatnya bekas. Kami akan memanfaatkan minyak jlantah ini sebagai bahan biodiesel, bekerjasama dengan perusahan pengolahan yang ada di surabaya. 

Jlantah ini akan kami beli dari ibu rumah tangga senilai 4.000/liter, dikumpulkan oleh PCPM setempat. Kami berharap program ini bisa kami sinergikan dengan Aisyiah dan Nasyiatul Aisyiyah. Semoga program ini mendapat sambutan dari ortom yang lain mengingat, dari hal bekas bisa menjadi hal bermanfaat. Program ini di bawah naungan bidang Ekonomi PDPM Trenggalek.

Penggarapan lahan pertanian juga menjadi upaya untuk memandirikan organisasi PDPM. Saat ini lahan yang hendak dikelola adalah lahan milik Mas Nanang Assofa,  direktur MBS Haji Suyoto Watulimo. Total luas lahan yang dikerjasamakan seluas 9 hektar terbagi 5 lokasi.

Tidak hanya itu, lahan yang dikelola PDPM Trenggalek di bawah bidang Brutal juga ada di Pogalan, yang saat ini dikonsentrasikan untuk pembuatan pupuk dan penanaman sayur serta bambu.

Militansi Kader 

Upaya akuisisi pengelolaan tersebut atas dasar perjuangan untuk kemaslahatan ummat. Sehingga sinergitas dan dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan agar gerak langkah program PDPM ini bisa segera dapat dirasakan banyak orang, tidak hanya untuk warga Muhammadiyah saja.

Untuk menjaga milintasi pergerakan pemuda Muhammadiyah, dibutuhkan berbagai sumberdaya, selain sumber daya manusia yang utama, juga sumber daya keuangan. Kehidupan ke depan semakin sulit, kita harus lebih matang dalam berorganisasi dan tidak membebani anggota dengan beban pikiran, tenaga apalagi harta benda. Meski itu telah membawa Muhammadiyah menjadi besar namun tidak selamanya dan seharusnya, setiap kegiatan yang kita lakukan tergantung pada sumbangan proposal. Pemuda Muhammadiyah harus kebih mandiri.

Semoga ikhtiar ini ditangkap oleh para sesepuh PDM dan PCM, jika ada lahan yang tidak terpakai, serahkan pada Pemuda Muhammadiyah. Ini wujud komitmen kami. (TDS/PDPM)

COMMENTS

Nama

Basa Jawa,1,ensiklopedia,2,Kegiatan,6,Musyda,1,
ltr
item
Kita Pemuda: 2021 Pemuda Muhammadiyah Trenggalek Sedang Progresif !
2021 Pemuda Muhammadiyah Trenggalek Sedang Progresif !
https://1.bp.blogspot.com/-2WkRAXs5lF0/YFGHo8UmO_I/AAAAAAAAAqs/ACweuuOjW_UqUCbzWkv5FmB1XDBa2YkqQCLcBGAsYHQ/s16000/Pdpm%2Bprogresif%2B%25281%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2WkRAXs5lF0/YFGHo8UmO_I/AAAAAAAAAqs/ACweuuOjW_UqUCbzWkv5FmB1XDBa2YkqQCLcBGAsYHQ/s72-c/Pdpm%2Bprogresif%2B%25281%2529.jpg
Kita Pemuda
https://www.kitapemuda.com/2021/03/2021-pemuda-muhammadiyah-trenggalek.html
https://www.kitapemuda.com/
https://www.kitapemuda.com/
https://www.kitapemuda.com/2021/03/2021-pemuda-muhammadiyah-trenggalek.html
true
5697283188263091989
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content